gimana caranya mengatasi ngantuK?

Pernah,waktu kerja haduuuh,ngantuk banget,gak tau ceritanya gimana eeh aku ketiduran dengan posisi duduk dan kepala di atas meja,,,aku terbangun ketika ada rekan kerja  yang datang,akupun terkaget dan agakmalu sih,makan gaji buta dong aku,akhirnya aku cari info gimana sih caranya biar kita nggak ngantuk apalagi waktu kerja..

1. Tidur siang lebih cepat


 Tidur siang 1-1,5 jam di penghujung siang dapat membuat pikiran kamu merasa lebih jernih. Coba kamu curi-curi waktu atau kamu sisakan waktu luang disela-sela kamu beraktivitas untuk tidur sejenak.


2. Berdiri tegak dan posturkan tubuh lebih baik

Duduk ataupun berdiri dengan tegak kamu dapat menghemat tenaga kamu. Postur tubuh yang buruk akan melelahkan otot, ligament, dan sendi kamu harus bekerja lebih keras dibandingkan ketika tubuh lurus secara tepat. Dengan demikian tubuh kamu akan merasa lebih cepat merasa lelah juga akan menurunkan aliran darah dan oksigen ke otak sampai 30%.


3. Kunyah permen karet


Apabila kamu mengunyah sesuatu kamu secara tidak langsung akan menguatkan otot kamu dan menstimulasi diri kamu agar tidak merasa ngantuk. Whatzup.com menyarankan kamu untuk memilih permen karet yang memiliki rasa mint agar kamu juga merasa lebih segar.


4. Ngemil makanan sehat setiap dua jam sekali

Para ahli berpendapat apabila kamu membiasakan mengunyah makanan setiap dua jam sekali, akan membantu gula darah dalam tubuh kamu tetap stabil. Hasilnya, ladar energi akan tetap tinggi sepanjang hari. Coba kamu konsumsi snack atau makanan ringan yang tinggi protein dan jangan kamu konsumsi makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi. Makanan bergula akan membangkitkan energi secara cepat tetapi akan menurunkannya dengan cepat pula sehingga dapat membuat tubuh kamu lebih lelah dibanding sebelumnya.

5. Latihan Pernafasan

Menghela nafas dalam 30 detik, akan mengisi paru-paru dari atas sampai dasar. Sehigga dapat membantu tubuh kamu tetap terjada karena mengisi darah dengan oksigen.

6. Self talk

Self talk merupakan salah satu cara untuk menimbulkan sugesti yang baik untuk diri kamu agar tetap berfikir positif. Program ini merupakan program pikiran bawah sadar yang dilakukan dengan cara self talk secara persisten. Self talk yang harus dilakukan adalah “Saya tidak akan tidur waktu bekerja” atau “Saya selalu terjaga dalam belajar!”. Coba kamu lakukan sesering mungkin dan se-intens mungkin sehingga pikiran tersebut benar-benar menjadi bagian dalam pikiran bawah sadar kamu. Bagian inilah yang nanti akan mengingatkan dengan keras saat kamu mulai merasa ngantuk. Sugesti ini juga yang akan “protes” apabila kamu mulai terlena dengan rasa kantuk.

7.jangan makan terlalu kenyang di pagi hari

Sudah kita tahu kalo kita habis makan sampai kenyang,pastilah males dan ngantuk,,yaww itu sudah di atur dari sononya,,,makan secukupnya,berhentilah makan sebelum anda kenyang...



kawan,kalo ngantuk waktu kerja atau belajar,coba deh tips ini,,,tapi jangan lupa juga istirahat lohh,mesin saja bisa rusak jika terus-terusan dipakai,apalagi manusia,,