Berapa Banyak Jumlah Suku Di Indonesia?

Berdasarkan data dari Sensus Penduduk terakhir yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia, diketahui jumlah suku di indonesia yang berhasil terdata sebanyak 1.128 suku bangsa. Namun jumlah tersebut bisa saja kurang dari jumlah yang sebenarnya, hal ini dikarenakan luas wilayah Indonesia yang begitu luas dan terdapat beberapa wilayah pedalaman yang masih sulit dijangkau. Berikut adalah profil beberapa suku dengan populasi terbesar:


Suku Jawa
Suku Jawa merupakan suku dengan populasi penduduk terbesar di Indonesia, diperkirakan populasinya mencapai 100 juta jiwa. Sebagian besar populasi suku ini berdiam di Pulau Jawa, utamanya Jawa bagian tengah dan timur.

Penduduk suku Jawa tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, namun tidak hanya mendiami wilayah Indonesia, penyebaran populasi suku ini sudah sampai ke luar negeri, Malaysia, Suriname, dan Belanda adalah beberapa negara di dunia yang penduduknya terdapat populasi suku Jawa.

Suku Sunda
Suku Sunda merupakan suku kedua yang memiliki populasi penduduk kedua terbesar di Indonesia. Sebagian besar penduduk suku ini mendiami Pulau Jawa bagian Barat.

Suku Melayu
Sebagian besar penduduk suku Melayu mendiami Pulau Sumatra dan sebagian Kalimantan bagian Barat.suku melayu patut berbangga karena bahasa melayu dengan dialek mereka yang akhirnya jadi bahasa pemersatu,yaitu bahasa indonesia

Suku Bugis dan Makassar
Suku ini sebagian besar mendiami wilayah selatan Pulau Sulawesi, tepatnya di Provinsi Sulawesi Selatan. Namun penduduk suku ini sudah tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, bahkan mancanegara seperti Malaysia dan Afrika Selatan.

Suku Batak
Sebagian besar penduduk suku ini berdiam di provinsi Sumatra Utara.

Suku Madura
Suku Madura mendiami wilayah Pulau Madura dan sebagian pesisir timur pulau Jawa.